Sabtu, 22 Desember 2007

Hanya Dirimu ~Novelette dari "EKA"

“ada apa…??” suara itu terdengar lemah….”aku ingin menyelesaikan masalah kita” sahut Adi dengan nada tinggi..,,,”dimna..??”Rika menjawab dengan singkat….”aku jemput kamu 30 menit lagi…nanti tempat kita tentuin…” tut….tut…ponsel pun di matikan Adi tanpa menunggu jawaban dari Rika…
Malam yg d penuhi bintang yang terang,bulan yang penuh….indah sekali..tapi tak seindah hati Rika..resah,bimbang,takut….itu yang di rasa olehnya…
Tak tau keputusan apa yang akan diambil oleh lelaki yang amat dia cintai…
Terpecah lamunan Rika mendengar suara motor kekasihnya….Rika pun beranjak mengambil tas dan sweater putih nya….lalu berlalu menutup pintu kamar…



Di depan tampak Adi menunggu dengan muka yang amat menyeramkan…
Tak pernah terbayang oleh Rika sosok yang lembut,sabar,bsa berubah menjadi ini…tapi Rika tak menyalahkan Adi,dia sadar ini semua hasil perbuatannya dan sikap nya kepada Adi….
‘cepat naik..!!!” suara Adi terdengar sembari menghidupkan motor nya….
Rika pun menaiki motor tanpa berkata sepatah kata…motor melaju dengan kencang nya..tanpa peduli apa akibat nya nanti..”gila…kayaknya sekarang dah akhir hidupku…” gumam Rika dalam hati….
Tiba-tiba motor berhenti d depan pantai yng luas..terdengar suara ombak yang bergemuruh…Adi turun lalu pergi mencari tempat…duduk di pasir pantai…beratapkan langit biru yg di hiasai bintang,bulan,awan tipis…angin yg berdesir….tempat yang cukup romantis..tapi sayang mereka tidak seromantis itu…..”sekarang mw nya km apa..???” pertanyan yg cukup membuat Rika kaget…suara jawaban pun tak terdengar…..”kenapa ga jawab..?? tanya nya kembali sembari menoleh wajah Rika yang tertunduk….
Rika hanya bisa menunduk…tak terasa air mata pun terjatuh…..Rika hanya bisa menangis tanpa suara…tak pernah terbayang olehnya untuk kehilangan orang yg amat dia sayangi…orang yang selama ini telah membuat dia menjadi sosok wanita yang tegar,,,Adi pun terdiam…lalu berdiri meninggalkan Rika…..
“ayo pulank..” suara lirih Adi kembali terdengar….Rika hanya bisa menuruti semua perkataan Adi…berjalan..melangkahkan kaki yg terasa hampa..
“met malam..”.Rika turun dan berjalan tanpa menjawab atau menghiraukan suara laki-laki itu……
Di lemparkannya badannya ke kasur….Rika hanya bisa menyesalkan apa yang t’lah terjadi…”kenapa dia mesti kehilangan kesabaran..kenapa dia begitu…apa dia udah ga sayang” gumannya di dalam hatinya….
Rika pun tertidur dengan linangan air matanya….

Cahaya matahari memasuki kamarnya..tandanya dia harus beranjak dari tempat tidurnya…hari tanpa semangat..hari yang melelahkan…
Tanpa menghias rambut…Rika berangkat sekolah….
“hai….ka….bagi PR dunk….” Triak Yanti sembari memberi senyuman ada udang d balik batunya….”ambil ja d tas…ka mw ke kantin dulu” jawab Rika dengan suara yg lemah..sembari memberi tasnya kepada Yanti…..tanpa kata..tanpa ekspresi Yanti menatap temannya hingga tak nampak olehnya….
“kenapa??? Kok tumben ke kantin??? Tanya Ana dengan penasaran…..”ga biasanya kyk gtu…kenapa ya???” tanya Ana kembali…..Yanti hanya menggeleng-gelengkan kepala…..tiba-tiba dia ingat dia belum buat PR..tanpa mempedulikan Ana,Yanti mengambil buku dan mengerjakannya dengan cepat….
Bel pun berbunyi…Rika pun sudah berada di depan kelas…senyum pun di beri Rika untuk teman-temannya. Rika sosok orang yang tertutup..dia ga mw teman baiknya tau kesedihannya……”napa tadi ka..kok mukanya d tekuk???” suara penasaran Yanti terdengar…”acting ja kok…laper tw…dari kmrin lom makan” jawab Rika sembari tertawa Rika yang di ikuti tawa yanti…waktu belajar pun di mulai…..
Rika tak dapat menerima pelajaran yg d beri guru….pandangan ke depan dengan tatapan kosong…dia masih mengingat semua masalahnya….dikeluarknnya Ponsel dari dlm tas….”Adi kok ga da sms” gumannya dalam hati….pelajaran demi pelajaran berlalu…canda untuk teman pun masih bisa untuk di beri….
Bibirnya tetap tersenyum walau hati nya menangis..ini semua hanya untuk teman-teman yang di sayanginya….
Dia hanpir kehilangan laki-laki yng amat dia sayangi….hanya demi sahabatnya….
Hari-hari pun berlalu..Adi juga tak kunjung memberinya kabar…
Rika seperti kehilangan semangat hidup…hanpa….
Kini masa-masa sendiri,Rika coba tu menerima semua,tapi hati nya tak mampu..sahabat-sahabatnyanya tak mampu membuat dia melupakan laki-laki itu…..di kamar sendiri hanya itu yang sering di lakukan Rika….
“hai…masih sedih ya” sapa Santi…hanya Santi yang mengetahui apa yang terjadi sengan sahabatnya itu…Rika hanya membalas dengan senyuman……
Dari atas meja hias terdengar suara ponsel Rika berbunyi…..”ponsel mu bunyi..”Santi mengingatkan Rika sembari merebahkan badan d kasur….”biarin dah…Cuma sms ..palink dari Yanti..” sahut Rika acuh…..”huuuhhhh” gerutu Santi sambil beranjak dari tempat tidur untuk mengambil ponsel…..d bukanya dan di bacanya sms di ponsel Rika….”adi nich…” kata Santi sambil memberi ponsel itu ke Rika..Rika pun dengan penuh semangat mengambil dan membaca sms itu. “aku tunggu km d rmh..nanti jam 7..ni kesempatan terakhir..”isi sms Adi yang singkat…
“apa maksudnya ya” guman Rika dalam hati….”udahlah ka…kesana aja…apa hasilnya nanti aja kamu pikirkan” Santi memberi saran tanpa di minta…”aku hari ini tidur sni ya,malas di rumah sendiri” sahut Santi kembali….Rika hanya bisa diam menatap tembok kamar nya yang berwarna bitu terang itu….Santi lalu lalang d sepan Rika pun..ia tak hirau…..Santi tau apa yang terjadi dengan temannya jadi dia ga banyak protes…..Rika hanya memikirkan apa yang akan terjadi nanti…..”haaaiiiiiii………..” triak Yanti mengagetkan Rika…..”ada apa Yan” tanya Rika dengan penuh kecemasan..” kita nonton yuukk,,,,Yani dah nunggu kita di wisata…dia berangkat bareng putra..siap-siap sana ku tunngu…..!!!” Saat itu waktu telah menunjukkan pukul 18.10…Rika pun tak mampu menjawab..dia tidak mampu menolak keinginan sahabatnya,dan ia tak bsa membatalkan janjinya dengan Adi..karen ini kesempatan yang terakhir yang di beRikan Adi untuknya….akhirnya setelah lama berfikir Rika memutuskan pergi bersama temannya….dan melupakan janjinya bersama Adi…..
Ketika film telah d mulai..semua begitu antusias menonton film ”ada hantu disekolah” tapi Rika tak seperti mereka….getaran terasa dari tas mungil Rika..tanpa berfikir panjang cahaya PONSEL nya akan mengganggu penonton lain..ia pun membaca sms itu”ini adalah keputusanmu” isi sms dari Adi…Rika hanya bisa menghela nafas panjang…..film selesai…mereka beranjak ke luar bioskop….tanpa basa basi Rika pamitan pulang duluan dengan alasan kepalanya pusing…temannya pun mengiyakan….Rika dan Santi menuju parkiran…tanpa fikir panjang Santi mengambil kunci motor dari tangan Rika.karena Santi tau Rika dalam keadaan yang tidak baik jika di suruh mengendarai motor…..
Sampai di kamar tanpa basa basi…Rika menjatuhkan diri d kamar..”Adi bilang apa???” santi mengawali pembicara’an….”dah berakhir” jawab Rika singkat……Santi pun paham atas apa yang di katakan sahabatnya…santi ikut merebahkan badannya sambil memberi kalimat demi kalimat untuk membuat semangat temannya kembali…Rika tanpa menjawab..hanya isak tangis yg terdengar,,,,
Sekarang semua telah benar-benar berakhir…..
Waktu makin berlalu…sikap sahabat yang tak pernah mempedulikan Rika menambah perih hati nya,hanya Santi yang paham akan Rika….
Rika menyesali apa keputusannya meninggalkan orang yang amat menyayanginya demi orang yang dia sayangi….membiarkan adi meninggalkannya demi sahabat-sahabat yang Rika sayangi…
Tapi Rika sadar semua t’lah berakhir dan Rika tidak mungkin memutar waktu kembali
Hanya penyesalan aja yang ada dalam pikirannya….
Waktu kian berlalu…Rika masih tak sanggup melupakan Adi…bayang-bayang Adi selalu mengisi hari-harinya….tak ada sosok yang bisa menggantikan Adi…
Berbulan bulan tak ada informasi tentang Adi…..kecemasan Rika akan keadaan Adi…Rika takut Adi pergi dari kehidupan Rika…
Terdengar suara nyaring ponsel Rika…Rika kaget setelah dia membaca layar ponsel nya “adi home memanggil” Rika pun menjawab dengan sapaan nya lembut “hallow…”suara Rika begitu penuh rasa penasaran “ka…ni ibu”suara lembut terdengar dari ponsel nya “ada apa bu” jawab Rika singkat….”Adi udah ga da…Adi dah meninggal” jawab ibu dengan isak tangis…tanpa sadar ponsel Rika terjatuh..dia ga mampu berkata-kata apapun…hanya menangis yng bisa ia lakukan….keesokan harinya Rika bertemu dengan Santi..Rika menceritakan semua yang terjadi…Santi hanya berkata ”ka..aku ga tw mesti gimana…tertawa ato ikut menangis” sembari memberi Rika tissue untuk menghapus air matanya…..
Rika pun mencoba untuk menerima semua……..
Rika memutuskan mengingat Adi hanya dalam kenangan……
Waktu makin berlalu..Rika pun berubah menjadi sosok lain…yang tak di kenal….semua yang dialami yang membuat Rika menjadi seperti ini….
Minuman alkohol,rokok bukan lagi hal baru untuknya…hanya itu yang dia gunakan untuk melupakan semua hal…..walau hanya sekejap…tapi pikirannya bisa berhenti sejenak untuk mengingat hal pahit itu…Ujian akhir harus di hadapi oleh Rika…Rika benar-benar tidak bisa konsentrasi dengan ujiannya….
Akhirnya Rika lulus dengan hasil yang standar…..

Setelah lulus Rika bekerja di sebuah toko….
Hari-hari benar di lalui dengan penuh kegiatan..sehingga tak ada waktu untuk mengingat Adi dan bermain dengan alkohol dan rokoknya….
Di suatu siang setelah beristirahat dari kegiatan di toko…Rika di kagetkan oleh sosok yang amat sangat mirip dengan Adi….
Adi memank memiliki saudara kembar..namun Rika dapat membedakannya……laki-laki ini amat sangat mirip dengan Adi….tanpa fikir panjang Rika memberi apa yang di minta laki-laki itu..hingga laki-laki itu berlalu Rika masih bertanya dalam hati ”apa itu Adi…??” “nda mungkin di udah meninggal”………
Waktu makin berlalu dari kejadian itu…..Rika kaget ketika ibu Adi menemui dan menjelaskan bahwa Adi tidak meninggal…Adi hanya koma dan ada di rumah sakit yang jauh..
Keluarga Adi pada saat itu pasrah dengan keadaan Adi yang tak ada harapan untuk bertahan..maka meraka memutuskan untuk mengatakan Adi telah meninggal…Rika tak bisa menerima penjelasan ibu…ibu pun paham tanpa menunggu kalimat keluar dari mulut Rika…ibu pun pergi meninggalkan Rika seorang diri….
“kenapa semua mesti menyakiti aku,kenapa ga da seorank pun yang mengerti keadaan ku ini” tanya dalam benak Rika….Rika tak bisa menerima ini akhiri dia memutuskan untuk pergi meninggalkan kehidupan ini,keluar dari permainan ini…pergi jauh ke tempat dimana tak ada orank yang mengenalnya….Rika tak sanggup menghadapi semua ini,baginya tak ada lagi kehidupan yang akan membuat dia melupakan semua ini. Semua hanya akan menjadi masa lalu untuknya,kisah dan orang-orang yang selama ini ada bersamanya……Rika hanya merasa kehidupan tak adil untuknya..kehidupan begitu mempermainkannya..dan akhirnya Rika pergi jauh u selamanya……Tak ada yang mengetahui kepergian Rika..setelah membaca puisi untuk mereka barulah mereka memahami apa yang dirasa Rika..namun semua terlambat..Rika telah pergi dari kehidupan mereka untuk selamanya….
Semua hanya tinggal kisah yang hanya bisa untuk di kenang…
Inilah kehidupan…tak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan….
Kita takkan tau apa yang terjadi pada diri kita…Tuhan begitu sempurna menutupi rahasia kehidupan manusia….Rika tak bisa lagi memberi senyuman untuk mereka,hanya puisi ini yang di beri rika…bukti kasih sayang Rika terhadap mereka…
Bila cCINTA mampu menghapuskan semua gelisah..
Seakan dunia ini milik berdua
Dan tanpa kita sadari ….
Semua itu hanya sesaat dan berlalu dengan seketika
Dari kejauhan aku memandang CINTA ..
Entah kenapa sulit kusentuh dan kugapai…..
Seakan –akan CINTA itu hilang tanpa meninggalkan jejak
Haruskah aku mencari dan berlari mendapakan cinta itu lagi????
Ataukah tak aa lagi cinta untukku lagi?????




Kesendirian bukanlah hal yang ku inginkan….
Ada hari yang sulit untuk di lalui
Di dalam kesendirianku,aku merasa kesepian..
Pertemuan begitu indah dan perpisahan menyisakan kesedihan …..
Itulah HIDUP yang NYATA



Hal yang terindah ketika aku menemukan dirimu…
Sahabatku…..
Betapa indah dunia ini….
Ketika kita bisa melaluinya bersama…
Tangis dan tawamu…
Membuat hidupku berarti…
Kerela’anmua membuat aku tak pernah jatuh…ketika ada jurang di depan ku…
Hari yang kita lalui semakin membuat kita menyatu….
Kecewa ini ku pendam….
Marah ini ku buang…
Kareana aku menyayangimu….
Sedih rasanya aku harus kehilangan sahabatku…..
Pelita dan pemberi hati hidupku…..
Seharusnya kau tau betapa berartinya dirimu untukku…
Ku tunggu hadirmu di hidupku yang gelap ini….



Photobucket Seruuuuu pasti nieee!!